Tips

Tips Mengasuh Bayi Baru Lahir agar Maksimal

Memiliki anak memang menjadi sesuatu yang didambakan bagi setiap pasangan muda yang baru menikah. Bahkan memiliki buah hati bisa menjadi salah satu penantian panjang bagi pasangan yang telah lama menikah. Seperti yang anda ketahui bahwa anak merupakan anugerah yang paling besar dan menjadi harta karun yang paling berharga dalam sebuah keluarga.

Apalagi kehadiran buah hati yang sangat mungil akan memberikan kebahagiaan yang tak terkira bagi orang tua dan tentunya keluarga besar. Sehingga saat ini berbagai macam cara telah dilakukan oleh pasangan agar secepatnya bisa mendapatkan anak. Dengan kemajuan teknologi saat ini tentunya hal tersebut mudah saja dilakukan tetapi membutuhkan waktu yang lama dan kesabaran.

Ketahui Posisi Pelekatan Menyusui

Setelah mengetahui cara menggendong bayi yang benar maka langkah selanjutnya dalam merawat bayi selanjutnya adalah mengetahui tips pelekatan menyusui. Menyusui bayi baru lahir nyatanya tidak semudah yang dijelaskan dalam teori menyusui.

Bayi baru lahir tentunya masih dalam tahap belajar menyusu langsung dari payudara sang ibu. Dimana hal tersebut juga bukanlah perkara mudah sebab bayi harus mengetahui refleks menghisap dengan benar. Oleh karena itu pelekatan ibu haruslah benar agar bayi mampu mempelajari refleks tersebut dengan benar. Pada umumnya posisi menyusui yang paling mudah bagi ibu baru adalah dengan menggendong bayi di tangan kiri, kemudian perut bayi harus bertemu dengan perut ibu. Sehingga posisi mulut bayi tepat berada di depan payudara ibu.

Kebersihan bayi

Merupakan tahapan merawat bayi yang umumnya sudah diketahui karena memang sedikit lebih mudah dibandingkan dengan menggendong dan menyusu. Pada dasarnya anda hanya perlu mengetahui cara memandikan bayi dan membersihkan alat kelamin bayi.

Demikian beberapa langkah mudah merawat bayi yang bisa anda pelajari sebelum sang bayi lahir.