Tips Berolahraga Saat Puasa Agar Tidak Mengganggu Proses Puasa

Anda sedang puasa? Anda ingin tetap berolahraga ketika sedang berpuasa? Tentu saja berolahraga adalah hal yang baik yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, ketika seseorang berpuasa, maka ia tidak boleh melakukan olahraga dengan porsi yang sama ketika ia tidak berpuasa. Lalu, bagaimana tips berolahraga saat puasa yang tepat?

Yang membedakan antara kita berpuasa dan tidak adalah pola asupan gizi yang terjadi pada tubuh kita. Kita bisa mengatur asupan gizi kapan saja ketika tidak berpuasa, akan tetapi ketika berpuasa kita hanya diperkenankan melakukannya di saat sahur dan buka, atau di malam hari. Nah, agar tidak mengganggu proses puasa, maka anda bisa lakukan beberapa tips berolahraga saat puasa berikut ini.

1. Pilih waktu yang tepat ketika berolahraga
Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa kita tidak bisa mengisi asupan gizi pada tubuh kita ketika berpuasa. Maka dari itu, kita harus mengalah dan giliran kita yang menentukan waktu yang tepat ketika hendak melakukan olahraga. Pilih waktu yang sesuai dengan jadwal kita mengisi asupan gizi untuk tubuh kita. Nah, kapan waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga tersebut?

Waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga ketika anda sedang berpuasa adalah di saat 30-60 menit sebelum waktu berbuka puasa. Nah, sudah tahu kan bagaimana mengatur waktu anda sehingga anda tetap bisa berolahraga ketika sedang berpuasa? Memilih waktu yang tepat akan menjaga keseimbangan tubuh ketika berpuasa sehingga kita bisa berolahraga tanpa mengganggu proses puasa.

2. Jaga intensitas berolahraga yang tidak berlebihan
Tips yang kedua yang juga penting ketika anda ingin berolahraga ketika berpuasa adalah dengan menjaga intensitas olahraga yang anga lakukan. Setiap orang memiliki kemampuan fisik yang berbeda sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Dan ketika berpuasa, mereka harus lebih berhati-hati dalam menjaga intensitas olahraga karena bisa memengaruhi kekuatan fisik mereka masing-masing.

Cara yang paling tepat untuk menjaga intensitas berolahraga adalah dengan mengenali kemampuan fisik diri kita masing-masing. Atur sedemikian rupa agar anda tidak terlalu kelelahan ketika melakukan olahraga saat anda sedang puasa. Hentikan olahraga sesegera mungkin kalau anda merasakan tanda-tanda tubuh terlalu lelah dengan porsi olahraga yang sedang anda lakukan ketika berpuasa.

3. Pilih jenis olahraga yang tidak mengganggu proses puasa
Nah, tips yang terakhir adalah dengan memilih jenis olahraga yang tepat, sehingga tidak mengganggu jalannya anda dalam berpuasa. Jenis olahraga dapat dibagi menjadi dua, yaitu olahraga yang memperkuat daya tahan tubuh dan yang menambah kekuatan tubuh. Pilih jenis olahraga yang bertujuan untuk emperkuat daya tahan tubuh. Alasannya? Agar lebih efektif.

Di saat asupan gizi pada tubuh kita tidak bertambah ketika berpuasa, maka melakukan olahraga untuk menambah kekuatan tubuh dipercaya kurang efektif karena perut sedang kosong. Akan tetapi, anda masih bisa melakukan tips berolahraga saat puasa untuk menambah daya tahan tubuh seperti olahraga bersepeda, push up, pull up, dan lain-lain.

Author: admin