Tips Fokus Berkendara Ketika Puasa Agar Keamanan Perjalanan Terjamin

Sering tidak fokus berkendara karena berpuasa? Ingin nyaman berkendara walaupun sedang berpuasa? Tentu saja hampir semua orang menginginkannya. Kita tahu puasa adalah perintah agama yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala yang besar. Sehingga, tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkannya hanya karena kita belum tahu tips fokus berkendara ketika puasa.

Nah, yang perlu kita lakukan adalah bukan dengan menghentikan puasa kita demi berkendara yang lebih aman. Akan tetapi, diperlukan upaya dari kita agar kita bisa fokus berkendara meskipun kita sedang berpuasa. Lalu, apa saja tips yang bisa dilakukan? Berikut adalah beberapa tips fokus berkendara ketika puasa yang bisa anda lakukan agar perjalanan anda tetap fokus meskipun sedang berpuasa.

1. Sahur dengan yang mampu penuhi asupan gizi
Cara yang pertama ialah dengan memilih menu sahura yang tepat. Setiap orang memiliki selera mereka masing-masing, sehingga pilihan menu boleh berbeda. Akan tetapi, usahakan menu yang anda pilih tersebut adalah yang mampu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anda sepanjang hari. Hal ini penting karena akan memengaruhi fokus ketika anda berkendara.

Agar anda tetap fokus berkendara di siang hari ketika berpuasa, maka asupan gizi yang harus anda penuhi adalah karbohidrat dan protein. Sekali lagi pilihan menu boleh berbeda, karena setiap orang memiliki taste masing-masing. Dan satu lagi gizi yang tidak boleh anda lewatkan adalah vitamin. Vitamin penting bagi keseimbangan tubuh untuk menjaga fokus apalagi ketika anda sedang berpuasa.

2. Cegah dehidrasi pada tubuh
Kalau anda kekurangan cairan, maka yang terjadi pada tubuh adalah dehidrasi. Hal ini sangat berpotensi terjadi ketika kita berpuasa. Karena, selama berpuasa kita tidak boleh minum cairan apapun karena akan membatalkan puasa. Dehidrasi harus dihindari karena akan memengaruhi fokus kita. Namun, anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara untuk mencegah dehidrasi pada tubuh saat berpuasa.

Untuk mencegah dehidrasi pada tubuh, cara yang bisa dilakukan tentu saja adalah dengan memperbanyak minum cairan. Anda bisa memanfaatkan waktu sahur atau waktu berbuka untuk melakukannya. Usahakan untuk meminum air minimal 8 gelas perhari. Hal ini akan membantu anda untuk tetap terhidrasi tanpa harus takut kehilangan fokus ketika berkendara.

3. Atur waktu tidur anda
Mengatur waktu tidur di hari-hari biasa sangatlah penting, apalagi ketika di bulan puasa? Tentu lebih penting lagi. Kita mungkin harus bangun lebih awal karena kita harus menyempatkan untuk sahur. Akan tetapi, hal tersebut tidak boleh menjadi alasan bagi kita untuk tidak mengatur waktu tidur kita. Karena, hanya dengan waktu tidur yang baiklah kita bisa memiliki fokus yang baik ketika berkendara.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatur waktu tidur anda di bulan puasa. Salah satu caranya adalah dengan berhenti begadang. Begadang di bulan puasa akan sangat banyak merugikan kita karena akan banyak memotong waktu kita. Oleh sebab itu, kita harus bijaksana dalam mengatur waktu tidur kita agar kita bisa menjalankan tips fokus berkendara ketika puasa ini.

Author: admin