Tips Mengatur Waktu Memasak di Bulan Puasa Agar Tidak Mengganggu Ibadah

Bingung mengapa waktu anda banyak termakan untuk memasak, sehingga ibadah di bulan puasa menjadi berkurang? Ingin ketahui cara memasak cepat sehingga tidak mengganggu ibadah di bulan puasa? Nah, tips mengatur waktu memasak di bulan puasa berikut ini bisa anda praktekan di rumah agar bisa menghemat waktu anda memasak menu sahur maupun menu untuk berbuka.

Menghemat atau mempersingkat waktu ketika memasak memang bukan perkarang yang mudah. Karena, apabila waktu memasak yang dipersingkat tersebut dapat memengaruhi rasa dari masakan yang dimasak, tentu justru menghasilkan masalah baru yang lebih besar. Sehingga, bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara mengatur waktu memasak di bulan puasa, berikut penjelasannya untuk anda.

1. Mencicil mencuci bahan masakan di awal
Tips pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mencicil mencuci bahan masakan di awal. Anda bisa melakukan tips ini baik ketika hendak memasak untuk menu sahur maupun untuk menu berbuka. Jadi, begitu anda mendapatkan bahan masakan, segera cuci bahan tersebut hingga bersih, kemudian simpan di dalam kulkas, sehingga bahan masakan tersebut sudah langsung siap ketika waktu memasak tiba.

Cara ini akan sangat menghemat waktu anda ketika memasak di bulan puasa, terutama ketika memasak menu sahur. Bagi mereka yang belum terbiasa, memasak makanan di waktu dini hari akan membutuhkan waktu yang cukup lama karena kondisi fisik yang belum terbiasa. Dengan mencicil mencuci bahan masakan di awal tersebut, maka anda bisa menghemat banyak waktu.

2. Posisikan peralatan masak siap pakai hingga puasa berakhir
Tips yang kedua adalah dengan memposisikan peralatan masak agar siap anda pakai selama bulan puasa dari awal hingga akhir. Lebih tepatnya, siapkan tempat untuk meletakkan peralatan masak yang berada di dapur agar mudah kita lihat dan mudah kita ambil ketika kita membutuhkannya nanti. Ini akan menghemat banyak waktu dalam memasak karena kita mudah menemukan peralatan masak.

Yang juga tidak boleh dilupakan, kita harus mempersiapkan hal tersebut agar peralatan berada di posisinya masing-masing selama bulan puasa penuh dari awal hingga akhir. Dengan begitu, selama bulan puasa kita tidak perlu pusing dalam mencari peralatan masak sehingga waktu yang seharusnya untuk mencari peralatan masak tersebut bisa kita hemat dan digunakan untuk melakukan ibadah yang lain.

3. Cuci peralatan masak seketika setelah selesai memasak
Ada satu kebiasaan yang kurang baik ketika seseorang dihadapkan dengan banyak jadwal atau agenda seperti di bulan puasa, yaitu kebiasaan menunda pekerjaan. Meskipun hanya pekerjaan sepele sekadar mencuci peralatan masak, kita tidak boleh menyepelekannya. Karena, bisa jadi kita menunda demi satu pekerjaan lain yang pada akhirnya peralatan masak belum dicuci padahal mau digunakan kembali.

Nah, disitulah pentingnya mengapa kita harus disiplin dalam mengatur waktu memasak di bulan puasa dengan langsung mencuci peralatan masak sesaat setelah selesai digunakan. Yaitu, agar ketika waktu memasak yang berikutnya telah tiba, kita tidak perlu lagi mencuci peralatan masak karena sudah bersih. Waktu bisa kita hemat, dan persiapan sebelum memasak akan menjadi lebih siap.

Author: admin