25 Juli 2024
Mengenal Apa itu Plumbing, Beserta Fungsi dan Jenis Pembagiannya!

freepik

Apa itu plumbing? Bicara soal plumbing, tentu memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan sistem pipa paralon dan juga instalasi air. Nantinya, pipa inilah yang akan menjadi jalur distribusi air menuju saluran utama. Oleh karena itu, pastinya pipa yang digunakan harus yang memiliki kualitas tinggi, seperti produk dari Vinilon.

Mengenal Apa itu Plumbing, Beserta Fungsi dan Jenis Pembagiannya!
freepik

Apa itu Plumbing?

Plumbing adalah adalah sistem pipa serta perlengkapan yang umumnya terpasang dalam sebuah gedung sebagai distribusi jalur air, baik itu air bersih maupun pembuangan limbah yang terangkut dalam bentuk sampah dan terbawa oleh air.

Plumbing juga dapat disebut sebagai instalasi jalur perpipaan. Kemudian, kata plumbing sendiri diambil dari bahasa Inggris yang memiliki arti suatu sistem rangkaian pipa, tangki, atau peralatan lain.

Fungsinya adalah untuk keperluan distribusi air, pemanas, dan juga sanitasi pada sebuah bangunan. Bahkan hingga saat ini, sistem plumbing seringkali digunakan sebagai jalur distribusi air untuk berbagai jenis bangunan yang memiliki permasalahan terkait jalur perpipaan.

Jenis Pembagian Sistem Plumbing

Setelah mengetahui apa itu plumbing, Anda perlu mengetahui juga jenis pembagian dalam sistem plumbing dan perpipaan. Berikut penjelasannya secara lengkap:

1. Instalasi Air Bersih

Instalasi air bersih dalam sistem plumbing merupakan sebuah jalur distribusi dari hulu ke hilir yang mengangkut air bersih. Fungsinya, yaitu sebagai jalur pendistribusian air bersih ke seluruh keran utama air dalam sebuah bangunan.

2. Instalasi Air Kotor dan Limbah

Jenis sistem plumbing kedua, yaitu instalasi air kotor dan limbah. Instalasi ini merupakan sebuah jalur distribusi air kotor dan limbah menuju ke arah saluran pembuangan utama. Fungsi sistem plumbing ini adalah sebagai pemisah jalur, antara instalasi air bersih dan air kotor atau limbah.

3. Ventilasi

Dalam pemasangan sistem jalur distribusi ledeng pada sebuah bangunan, kelancarannya sangat dipengaruhi oleh putaran udara dalam bangunan tersebut.

Melalui sistem ventilasi ini, perputaran udara jadi memiliki sirkulasi yang lebih teratur. Sehingga nantinya tidak terjadi sumbatan pada jalur pembuangan air kotor atau limbah.

Fungsi Plumbing

Setelah mengetahui apa itu plumbing, beserta jenis sistemnya, berikut adalah fungsi utama pembuatan jalur plumbing pada sebuah gedung dan bangunan:

  1. Menyediakan jalur akses pembuangan terhadap air kotor. Baik itu sisa limbah, air bekas cucian, dan juga air hujan.
  2. Memenuhi kebutuhan infrastruktur bangunan berupa pasokan air bersih yang nantinya didistribusikan ke jalur keran utama bangunan tersebut.
  3. Membuat sebuah bangunan atau hunian dapat berfungsi dengan baik.
  4. Menyediakan distribusi aliran air secara keseluruhan.
  5. Menjaga sirkulasi udara dalam sebuah gedung.
  6. Sebagai sistem pencegah kebakaran.
  7. Menghindari pencemaran air dan udara dalam suatu gedung atau bangunan.

Sudah Mengerti Apa itu Plumbing?

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu plumbing, beserta pembagian sistem dan fungsi utamanya. Dalam pembuatan jalur distribusi plumbing, Anda wajib menggunakan sistem perpipaan yang berkualitas dan berstandar tinggi. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran pada jalur distribusi air tersebut.