Manfaat Mengajarkan Kebiasaan Berbagi Terhadap Anak Sejak Usia Dini

Pernah mengikuti kajian parenting? Sudah dijelaskan bagaimana pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak? Kalau kita berbicara tentang peran orang tua terhadap anak, maka pembahasan ini bisa berlangsung panjang. Mengapa? Karena orang tua memang memiliki peran besar, salah satunya untuk mengajarkan kebiasaan berbagi terhadap anak yang harus dilakukan sejak usia dini.

Setiap yang diajarkan orang tua terhadap anaknya memiliki nilai tersendiri. Dan mengajarkan kebiasaan berbagi terhadap anak tersebut merupakan salah satu peran dengan nilai yang cukup tinggi. Sehingga, penting bagi orang tua untuk mengetahui apa saja manfaat dari peran tersebut, sehingga sebegitu pentingnya untuk anak. Tanpa basa-basi, berikut adalah ulasannya untuk anda.

1. Anak akan mengenal lingkungan senang berbagi
Bagaimana jadinya kalau anak tidak diajarkan dengan kebiasaan berbagi? Maka anak tersebut akan sulit mengenal apa itu lingkungan berbagi. Oleh karena itu, orang tualah yang memiliki peran penting ini dalam mengenalkan lingkungan senang berbagi terhadap anak. Sebagai orang tua, anda bisa mengajarkan contoh kebiasaan berbagi ini di setiap kesempatan yang ada.

Misalnya, ketika makan anda bisa kenalkan lingkungan suasana berbagi tersebut dengan memberi contoh kepada anak bagaimana membagi kue untuk kakek atau nenek, membagi lauk pauk yang terlalu besar bagi anak kepada kakaknya, dan permisalan lainnya. Dengan mengenalkan lingkungan senang berbagi tersebut, maka kita telah melakukan salah satu peran kita untuk anak.

2. Anak akan merasa memiliki teman ketika bermain bersama anda
Setiap anak mungkin kebanyakan akan memilih untuk bermain sendiri dengan segala macam mainan yang mereka pegang atau yang mereka miliki. Hal ini sebenarnya tidak buruk, karena kita telah mencoba untuk membiarkan anak tersebut mengenali hal-hal baru. Namun, alangkah baiknya bila anda menemani buah hati tersebut kemudian anda ikut bermain seolah-olah anda adalah temannya.

Hal ini adalah salah satu cara bagi anda untuk mengajarkan kepada anak tentang kebiasaan berbagi. Sehingga, anak tidak hanya fokus mengenal dunia baru si mainan tersebut, tetapi juga fokus untuk bermain bersama teman yaitu anda sendiri. Hal ini tentu saja membuat anak seolah-olah memiliki teman dan harus berbagi dengan temannya tersebut ketika bermain

3. Anak akan mengenal pengalaman berbagi terhadap sesama
Satu lagi hal yang menjadi manfaat dari diajarkannya kebiasaan berbagi terhadap anak, yaitu anak mengenal pengalaman berbagi terhadap sesama. Pernahkah anda mendengar kutipan satu teladan lebih baik dari pada seribu nasihat? Nah, inilah mengapa kita perlu mengenalkan anak kita dengan pengalaman berbagi, bukan hanya kita terus-terusan memberi perintah berbagi terhadap anak.

Nah, itulah beberapa manfaat mengajarkan kebiasaan berbagi terhadap anak. Dibalik besarnya manfaat yang didapatkan, tentu saja cara anak kita mengenal dan merasakan tersebut memiliki cara yang berbeda dengan kita yang sudah dewasa. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti menyayangi anak kita dengan terus memantau perkembangannya dan memberikan yang terbaik.