Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Secara Efektif dan Menyehatkan

Menurut anda, kesehatan tubuh kita ini murah atau mahal? Ketika pertanyaan tersebut ditujukan kepada kita, tentu kita akan dengan tegas menjawab bahwa kesehatan adalah mahal. Kita sudah sangat mengerti tentang penyakit kolesterol yang sangat mahal perawatannya apabila tidak kitaantisipasi sejak awal. Maka, mengkonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol menjadi pelarian kita.

Sebenarnya kurang tepat untuk dikatakan sebagai pelarian. Namun, nyatanya kita lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol tersebut dari pada harus mengambil obat kolesterol di rumah sakit yang selain harganya mahal, juga sering kali memunculkan kekhawatiran yang lebih. Disinilah kita harus mencegah kolesterol agar tidak terlanjur lebih parah.

Adapun di bawah ini adalah beberapa makanan untuk menurunkan kolesterol yang bisa anda coba di rumah, dan bisa anda jadikan menu diet anda. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menjadi prioritas utama untuk menurunkan kolesterol.

1. Makanan dari pasta
Makanan pertama yang bisa anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah pasta. Pasta diyakini memiliki kadar gizi yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tidak hanya itu, anda juga bisa mudah menemukan makanan ini dengan cukup membeli di supermarket terdekat. Adapun rekomendasi pasta ini berdasarkan sebuah penelitian yang di lakukan di Havard University.

Dari penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa orang yang memakan biji-bijian utuh memiliki berat badan yang lebih ringan dibandingkan mereka yang memakan biji-bijian olahan. Selisihnya pun cukup jauh yaitu di angka 11,3 kg. Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi pasta agar upaya menurunkan kolesterol yang anda lakukan dapat menemukan hasil.

2. Makanan dari omelet
Selama ini banyak orang beranggapan bahwa memakan telur dapat meningkatkan kolesterol. Sehingga, banyak orang yang menghindari makanan tersebut karena takut kolesterolnya naik dan menimbulkan masalah yang lebih besar. Padahal, hal tersebut ternyata tidak benar. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Journal of Nutrition. Bagaimana hasil penelitian yang dilakukan tersebut?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Journal of Nutrition tersebut, ternyata telur yang di konsumsi tidak meningkatkan angka kolesterol jahat, tetapi justru meningkatkan kolesterol baik. Artinya, kita harus ingat bahwa kolesterol terdiri dari dua macam yaitu kolesterol baik dan jahat. Dan telur termasuk makanan yang bisa di konsumsi, hal ini dikarenakan telur hanya meningkatkan kolesterol baik saja.

3. Makanan dari kacang merah
Nah, makanan untuk menurunkan kolesterol yang ketiga adalah makanan dari kacang merah. Kacang merah merupakan makanan yang mudah untuk ditemui dan memang sudah dikenal sebagai makanan yang baik bagi mereka yang menderita penyakit kolesterol. Dengan mengkonsumsi kacang merah, itu berarti anda telah melakukan upaya yang tepat dalam upaya untuk mengurangi angka kolesterol jahat.