Langkah Menjaga Pencernaan Tetap Sehat Ketika Hendak Berpuasa di Siang Hari

Khawatir dengan kesehatan organ pencernaan anda ketika berpuasa? Ingin tetap berpuasa dengan organ pencernaan yang tetap terjaga? Tenang, kalau anda ingin melakukan langkah menjaga pencernaan tetap sehat, maka yang anda butuhkan adalah untuk tekun melakukannya. Karena, terdapat langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk menjaga saluran pencernaan anda.

Saluran pencernaan memiliki peran penting ketika seseorang sedang berpuasa. Oleh karena itu, kita harus menjaganya agar tidak mudah terserang penyakit. Tentu saja ada penyesuaian dari yang biasanya kita tidak puasa menjadi kita menjalankan puasa. Oleh karena itu, langkah-langkah menjaga pencernaan tetap sehat di bawah ini adalah yang muda untuk dilakukan dan hanya membutuhkan ketekunan.

1. Wajibkan makanan berserat ketika sahur dan berbuka
Organ pencernaan yang terdapat di dalam tubuh kita memiliki kaitan yang erat dengan makanan berserat. Mengapa demikian? Karena makanan berserat tersebut mampu menjaga kinerja organ pencernaan kita dalam mengolah setiap makanan yang masuk ke tubuh kita. Sehingga, di sini kita sebutkan bahwa wajib mengkonsumsi makanan berserat ketika sahur dan berbuka.

Nah, untuk membiasakannya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu mana saja makanan berserat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Secara umum, sayuran dan kacang-kacangan lah yang paling umum mengandung serat di dalamnya. Usahakan anda menyiapkan kedua jenis makanan tersebut ketika sahur dan berbuka, maka satu langkah organ pencernaan anda akan terjaga ketika berpuasa.

2. Waspada terhadap porsi makanan berlemak yang anda santap
Selain perbanyak makanan berserat ketika sahur dan berbuka, kini saatnya anda mengetahui makanan yang harus anda batasi ketika anda sedang berpuasa demi menjaga organ pencernaan anda. Dalam hal ini anda perlu membatasi makanan berlemak yang anda santap. Bukan berarti anda tidak boleh memakannya, anda tetap boleh memakannya, asalkan dalam jumlah yang secukupnya saja.

Caranya? Mudah. Pastikan ketika anda mengkonsumsi makanan berlemak, maka di saat itu juga anda mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan berserat. Mudah, bukan? Walaupun begitu, anda harus membiasakannya dengan tekun, karena kalau belum terbiasa terkadang kita bisa lupa sehingga tanpa sadar kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak tanpa diimbangi makanan berserat.

3. Jangan lupa minum air yang cukup
Dan yang terakhir adalah kita harus menjaga pola minum kita dengan meminum air yang cukup sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa dengan banyak minum air tersebut tujuan akhirnya adalah agar kita tidak mudah haus ketika berpuasa, padahal dibalik itu mengkonsumsi air yang cukup juga baik untuk menjaga organ pencernaan kita ketika berpuasa.

Mengapa minum air menjadi langkah menjaga pencernaan tetap sehat? Agar organ pencernaan kita tidak mudah terserang penyakit pencernaan seperti sembelit, susah BAB, dan lain sebagainya. Sehingga, kita bisa nyaman menjalankan ibadah puasa dengan organ pencernaan yang sehat tersebut.