Kamu sudah pilih oli sesuai dengan mesin motor kamu? Kalau belum, sebaiknya kamu menganti oli motor kamu sesuai dengan spesifikasi motor kamu, ya! Apalagi ketika kamu ingin mengganti oli motor sendiri di rumah, kamu harus mengetahui oli yang cocok untuk kamu. Untuk mengganti oli motor di rumah, ternyata tidak sulit. Kamu bisa cek di sini https://ilti.idemitsu.com/id/cara-mudah-ganti-oli-motor-dan-mobil-yuk-coba-sendiri-di-rumah, ya!

Jadi apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk memilih oli mesin motor agar performa mesinnya menjadi maksimal?

Kenali karakter mesin motor

Sebelum memilih oli mesin, ada baiknya kamu mengetahui karakter mesin motor kamu. Dengan ini, kamu bisa memilij jenis oli mesin yang cocok. Kamu bisa membaca buku panduan agar kamu bisa tau spesifikasi mesin dan penggunaan oli yang tepat.

Kekentalan Oli (SAE)

SAE atau Society of Automotive Engineering berfungsi untuk mengetahu tingkat kekentalan pada oli. Pada setiap kemasan oli yang kamu temukan pasti ada kode SAE ini. Untuk pemilihan tingkat kekentalan pada oli, harus disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal dalam menggunakan motor kesayangan kamu.

Kode Mutu

Selain karakter mesin dan kekentalan oli, kamu juga harus mengetahui kode mutu atau American Petroleum Institute (API), yang berfungsi untuk mengetahui kemampuan oli dalam menahan komponen mesin.

Standar JASO

Kamu bisa mengetahui jenis-jenis oli yang sesuai dengan mesin motor kamu. Keduanya bisa dibedakan dengan kode JASO yang tertera pada kemasan pelumas. Apa itu JASO? JASO atau Japanese Standart Association merupakan Lembaga di Jepang yang melakukan uji cek kualitas oli. Pergantian oli mesin memang sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi mesin motor yang digunakan. Ada beberapa kode JASO nih yang harus kamu ketahui untuk menyesuaikan dengan mesin motor kamu. Untuk motor dengan koling basah, kamu harus memilih oli dengan kode JASO MA dan JASO MB digunakan untuk sepeda motor dengan kopling kerik seperti skutik.

Contohnya adalah motor matik menggunakan pelumas dengan SAE 10W30 JASO MB dan untuk motor manual dan sport menggunakan oli dengan SAE 10W30 JASO MA. Jangan sampai kamu salah dalam memilih kode yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan karakteristik mesin. Misalnya ketika kamu memiliki motor sport namun kamu menggunakan mesin oli motor matic untuk melumasi motor kamu.

Hal yang tidak diinginkan ketika kamu ganti oli motor yang tidak sesuai adalah mesin menjadi cepat panas. Selain itu, kemungkinan oli untuk menguap menjadi lebih besar sehingga oli berkurang dengan cepat dan pelumasan pada mesin menjadi tidak maksimal. Apakah ada hal lain yang ditimbulkan jika tidak menggunakan pelumas yang sesuai dengan spesifikasi?

  1. Performa mesin akan menurun karena tidak terjadi pelumasan mesin secara optimal sehingga kinerja mesin juga tidak maksimal.
  2. Kinerja mesin yang tidak optimal bisa menyebabkan meisin akan bekerja lebih keras dari biasanya dan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Tidak hanya konsumsi bahan bakar yang meningkat, mesin juga akan menjadi lebih cepat panas.
  3. Pelumasann yang optimal bisa merusak bagian dalam mesin karena adanya gesekan antar mesin secara langsung.

Jika kamu tidak ingin hal-hal di atas terjadi pada motor kesayangan kamu, ada baiknya kamu mulai cek dan menggunakan oli mesin motor yang sesuai ya. Semoga artikel ini membantu!

Previous post Jenis Produk Asuransi yang Banyak Diminati
Taman Safari Bogor Next post Taman Safari Bogor: Sejarah Singkat, Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket Masuk, dan Fasilitas