Cara Membersihkan Noda Darah, Tidak Perlu Jauh-Jauh ke Supermarket

Apa yang pertama kali ada di benak anda ketika mendengar kata noda darah? Seberapa kesal anda dengan noda yang membuat pakaian tak lagi enak dipandang tersebut? Tenang saja, meskipun noda darah sering kali banyak dikeluhkan karena sulit untuk dihilangkan, tetapi kini sudah ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan noda darah.

Bahan tersebut tidak harus beli di supermarket, sehingga anda tidak perlu khawatir harus kepanasan di jalan hanya demi bahan pencuci noda darah. Kini, anda bisa gunakan beberapa bahan yang mudah dijumpai di bawah ini untuk menghilangkan noda darah yang menempel pada pakaian. Penasaran apa saja bahan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gunakan air garam dingin
Kalau pakaian anda secara tidak sengaja terkena noda darah, maka anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara membersihkan noda darah tersebut. Karena, anda bisa dengan mudah membersihkannya menggunakan air garam yang dingin. Tidak perlu menggunakan bahan pembersih yang mahal, cukuplah air garam dingin tersebut anda gunakan sebagai cara yang lebih ekonomis.

Caranya, cukup rendam pakaian yang terkena noda darah tersebut menggunakan air garam yang dingin. Anda bisa lakukan perendaman selama 3-4 jam. Setelah itu, lakukan pengucekan seperti biasa menggunakan detergen. Nah, noda darah dapat hilang dengan mudah dan pakaian bisa kembali bersih seperti semula.

2. Gunakan cuka
Menggunakan cuka untuk menghilangkan noda darah mungkin sudah banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Cara ini memang tergolong manjur, akan tetapi harus dilakukan sesegera mungkin setelah pakaian terkena noda darah tersebut. Kalau anda ingin menggunakan cuka, sebaiknya lakukan pencucian paling lama 24 jam setelah pakaian terkena noda darah tersebut.

Caranya pun cukup mudah, cukup rendam bagian pakaian yang terkena noda darah menggunakan cuka secukupnya. Lakukan perendaman selama kurang lebih 5-10 menit saja. Nah, setelah noda darah pada pakaian mulai pudar, segera angkat pakaian tersebut lalu dikeringkan. Namun, anda juga bisa langsung mencuci pakaian tersebut menggunakan detergen baru kemudian dikeringkan.

3. Gunakan tepung kanji
Siapa sangka sisa bahan memasak bisa digunakan untuk menghilangkan noda darah pada pakaian? Anda bisa membuktikannya ketika menggunakan tepung kanji untuk menghilangkan noda darah pada pakaian. Cukup siapkan sisa tepung kanji secukupnya, lalu campurkan dengan air secukupnya dan aduk hingga menjadi adonan yang nanti akan digunakan untuk langkah selanjutnya di bawah ini.

Nah, setelah itu bubuhkan adonan tepung kanji tersebut ke titik pakaian yang terkena noda darah secukupnya saja. Lalu, gosok pada bagian pakaian yang terkena noda darah tersebut dengan lembut. Setelah selesai, jemur pakaian hingga kering dan membersihkan noda darah selesai. Apabila sisa noda darah masih terlihat, anda cukup ulang langkah dari awal di titik sisa noda saja.