4 Negara yang Menggunakan Aksen British di Dunia

Negara yang menggunakan aksen British merupakan negara yang memakai standar dialek bahasa Inggris Britania Raya. Salah satu sekolah di Indonesia yang juga menggunakan bahasa tersebut adalah British Jakarta Intercultural School.

Negara yang Menggunakan Aksen British

Bahasa British ini digunakan di beberapa negara yang pernah menjadi salah satu jajahan dari Imperium Britania. Terutama yang menjadi jajahan dari Persemakmuran Bangsa-Bangsa.

Namun, ada beberapa negara yang tidak termasuk, seperti bahasa Inggris Kanada yang sangat dipengaruhi oleh bahasa Inggris Amerika. Lantas, mana saja negara yang menggunakan aksen British? Berikut ulasan singkatnya:

1. Inggris

Negara Inggris merupakan sebuah negara konstituen yang merupakan bagian dari Britania Raya. Inggris merupakan salah satu negara yang juga menggunakan aksen British.

Salah satu sekolah di Inggris yang juga menggunakan aksen British dalam pembelajarannya adalah Universitas Oxford.

Universitas Oxford ini merupakan perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang ada di Kota Oxford, Inggris. Universitas Oxford juga merupakan salah satu perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya yang sering dirujuk sebagai Oxbridge.

2. Wales

Wales merupakan sebuah negara konstituen atau salah satu bagian dari negara resmi Britania Raya. Negara Wales ini juga merupakan salah satu negara yang menggunakan aksen British dalam kesehariannya.

Jika kamu berkunjung ke negara ini, maka kamu akan sangat mudah menemukan orang-orang berkomunikasi dengan aksen British.

3. United Kingdom

Aksen British ini sering digunakan di negara-negara United Kingdom. Aksen ini memang sangat terkenal dengan aksennya yang indah dan anggun. Bahkan, hampir setiap orang di dunia ini sangat mengenal aksen British tersebut dan menyukainya.

Meskipun memang di United Kingdom memiliki banyak sekali aksen yang berbeda-beda.  Tetapi, aksen yang satu ini terkenal dengan dialeknya yang kental dan sangat khas.

Aksen ini juga memiliki kesan yang lebih formal jika dibandingkan dengan aksen American. Jika aksen  American memiliki pelafalan R yang jelas, maka negara dengan aksen British justru sebaliknya.

Karena lebih sering meniadakan huruf R dalam pengucapannya. Khususnya jika memang huruf tersebut terletak di akhir kalimat.

4. Indonesia

Di Indonesia sendiri, ada salah satu sekolah yang mana semua muridnya menggunakan aksen British di sekolahnya. Sekolah tersebut bernama The British School Jakarta atau yang terkenal dengan sebutan BSJ.

Mengapa sekolah ini menggunakan aksen British dalam percakapan sehari-harinya? Sebab, sekolah ini berdiri di bawah perlindungan dari kedutaan besar Britania Raya. Jadi, tidak salah jika semua muridnya diwajibkan untuk menggunakan aksen British ketika berada di sekolah.

Tertarik untuk Belajar Aksen British?

Baik, itulah tadi beberapa negara yang menggunakan aksen British dalam kesehariannya. Sebenarnya masih ada beberapa negara lainnya yang juga menggunakan British dalam dialog kesehariannya.

Tentunya, penggunaan aksen British ini akan terdengar lebih indah dan keren jika dibandingkan dengan penggunaan American. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang lebih senang menggunakan aksen British daripada American.

4 Negara yang Menggunakan Aksen British di Dunia