5 Januari 2024
Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Piano Untuk Anak

Anak yang memiliki bakat dalam musik biasanya sudah terlihat sedari usia dini. Anak akan menunjukan ketertarikannya terhadap musik, bahkan tanpa membedakan jenis musik tertentu. Mereka akan menunjukan ketertarikan dengan gerekana tubuh, sering mengamati orang bermain alat musik, kemampuannya mendengar nada, dan menunjukan kertertarikan pada suatu alat musik. Jika anak Anda menunjukan tanda-tanda itu, jangan ragu untuk memboyong anak Anda ke toko alat musik dan memilih instrument mana yang anak sukai.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Piano Untuk Anak

Saat ini tidak sedikit anak tertarik untuk bermain piano, bahkan banyak seniman sudah mulai belajar piano sejak usianya masih belia. Bagi kebanyakan orang tua juga lebih suka apabila anaknya memilihi piano dari pada jenis instrument lainnya. Piano juga merupakan alat musik pertama yang sangat cocok untuk anak. Karena dengan hanya belajar bermain piano, anak bisa mempelajari bermacam-macam genre musik, seperti jazz, klasik, pop, bahkan rap.

Namun, sebelum anda pergi ke toko Anda harus ketahui dulu beberapa hal berikut ini:

Hindari Membeli Piano Khusus Anak Kecil

Meskipun piano dibeli untuk anak, tetapi membeli piano khusus anak kecil sangat tidak direkomendasikan. Apalagi membeli piano agar anak mahir bermain piano, bukan hanya untuk main-main saja. Walaupun piano khusus anak kecil terlihat cocok dengan anak, tetapi piano untuk anak-anak biasanya hanya berupa gadget dibandingkan alat musik.

Pilih piano yang lebih professional yang bisa anak digunakan dari tahun ke tahun, untuk mengembangkan bakat bermusiknya. Piano yang tepat juga bisa digunakan anak apabila ia akan diberi guru musik khusus, anak akan terbiasa menggunakan piano professional.

Ukuran Piano

Anda harus pahami kebutuhan anak-anak Anda sebelum memutuskan untuk membeli piano dengan ukuran seperti apa. Apakah piano ukuran kecil dengan 61/76 tuts, atau piano ukuran standar dengan 88 tuts. Umumnya guru piano akan merekomendasikan untuk menggunakan piano dengan ukuran standar, karena sebagian besar ujian musik menjadikan ukuran piano ini sebagai persyaratan minimal.

Mungkin sebagian orang tua akan berpikir bahwa untuk permulaan lebih memilih piano dengan ukuran kecil saja. Tetapi perlu diketahui lagi bahwa perkembangan anak-anak tiap hari akan semakin berkembang, mereka akan membutuhkan rentang nada yang lebih luas nantinya. Jadi daripada kedepannya Anda harus membeli lagi piano dengan ukuran standar, sebaiknya sedari awal sudah memilih piano dengan ukuran standar saja.

Bunyi Nada

Saat membeli sebuah instrument sudah pasti hal pertama yang dipastikan adalah suara yang dihasilkan. Sama halnya dengan membeli piano, hal pertama yang perlu dipastikan adalah bunyi nadanya. Untuk mengetesnya adalah dengan memilih empat suara yang paling sering digunakan. Jadikan suara tersebut sebagai patokan dalam membandingkan berbagai model piano.

Jika piano yang digunakan di rumah akan menggunakan headphone, pastikan Anda mencoba piano-piano yang akan dibeli menggunakan headphone juga. Agar Anda bisa merasakan bunyi nada dari headphone, dan sebaiknya membawa headphone yang biasa atau nantinya akan digunakan dirumah.

Itu dia 3 hal yang perlu orang tua perhatikan sebelum membeli piano untuk si kecil. Semoga membantu!