Cara Mengatasi Post-Graduate Stress Agar Bisa Menikmati Masa Muda

Bingung menghilangkan rasa minder karena banyak teman-teman kita yang lebih sukses dari pada kita? Ingin sukses setelah masa wisuda tetapi terasa sulit? Tenang, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau anda masih merasa minder terhadap teman seangkatan yang lebih sukses pasca wisuda, mungkin anda sedang butuh cara mengatasi post-graduate stress.

Apa itu post-graduate stress disorder? Kita tahu bahwa terkadang orang mengalami stress yang disebabkan oleh banyaknya masalah yang ia hadapi di kehidupannya. Nah, stress yang diakibatkan karena merasa minder, tertekan, tidak nyaman karena berbagai permasalahan yang muncul setelah masa wisuda, stress ini disebut dengan post-graduate stress disorder.

Mungkin kita pernah mengalami hal ini, atau sedang mengalami hal ini yang dikarenakan hal sepele semisal melihat teman kita yang lebih sukses setelah wisuda dibandingkan kita. Oleh karena itu, akan kami bahas mengenai beberapa cara mengatasi post-graduate stress disorder tersebut, semoga bermanfaat untuk anda.

1. Alihkan fokus untuk menjaga kesehatan
Setiap orang yang telah berhasil merayakan wisuda, ingin segera mendapatkan pekerjaan yang mereka impikan. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah, yang membuat mereka menganggur. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir akan pekerjaan yang belum bisa anda dapatkan. Segera alihkan fokus untuk menjaga kesehatan untuk menghindari stress.

Waktu luang yang kita miliki karena masih menganggur tidak boleh kita sia-siakan untuk merenungi nasib. Anda bisa gunakan waktu anda untuk menjaga kesehatan anda seperti menjaga berat badan dan kesehatan lainnya. Dengan begitu, ketika pekerjaan yang kita harapkan datang, kita sudah siap dengan tubuh yang sehat dengan berat badan ideal dan segala macam.

2. Gunakan waktu untuk menambah pengalaman
Ada pepatah yang mengatakan bahwa guru yang paling baik adalah dirimu sendiri. Dan salah satu yang kita miliki sebagai guru bagi diri sendiri adalah pengalaman. Gunakan waktu luang anda selama masih menganggur untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Selama itu, kita mungkin akan mengalami manis dan pahit secara bergantian. Akan tetapi, dengan banyaknya pengalaman, kita akan lebih mengenal diri kita dan apa yang sebenarnya kita inginkan. Sehingga, kita tidak perlu stress karena belum punya pekerjaan, dan justru bahagia karena bisa mengenal diri sendiri lebih dalam.

3. Berhenti Berpikir “Saya tidak bisa sebaik temanku”
Setiap orang memiliki reaksi terhadap situasi yang sedang menimpa dirinya, baik itu reaksi yang baik maupun reaksi yang buruk. Salah satu reaksi yang harus kita hentikan adalah pikiran yang mengatakan bahwa kita tidak akan bisa sebaik teman kita yang sudah punya pekerjaan, yang sudah diterima di perusahaan besar, yang sudah berkarir sukses, dan lain-lain.

Ingat, hanya karena teman kita memiliki pekerjaan dan kita belum memiliki pekerjaan tidak membuat teman kita lebih baik dari pada kita. Membuat kita berhenti berpikir seperti yang disebutkan diatas memang tidak mudah. Tetapi, itu tergantung diri kita sendiri. Kalau kita ingin menikmati masa muda, maka kita harus melakukannya dengan cara mengatasi post-graduate stress tersebut diatas.

Author: admin